Bantu Otak Bayi Anda berkembang


Segala hal yang Anda lakukan bersama bayi Anda akan membantu mengembangkan otak bayi kita serta membantu mereka untuk balajar. Anda adalah orang paling penting yang berfungsi sebagai guru bagi bayi Anda. Memberikan kasih sayang, membangun hubungan yang erat dengan bayi Anda akan akan membantu perkembangan otak mereka.

Bagaimana Otak Bayi berkembang?

Ketika pertama kali lahir, jantung, hati dan paru-paru mereka telah terbentuk dengan sempurna. Bayi kita bisa bernafas, melihat bentuk dan mendengar, mereka memiliki kemampuan menyerap informasi yang sangat kuat. Koneksi antara tindakan ini telah terbentuk dalam otak bayi sebelum mereka dilahirkan.

Meski demikian, otak bayi Anda tetap saja membutuhkan stimulasi (rangsangan) dari lingkungan sekitarnya untuk berkembang sempurna. Seiring pertumbuhan bayi Anda serta stimulasi terhadap perkembangannya, koneksi antar sel (neuron) dalam otaknya terus berkembang. Koneksi ini membentuk jalan dalam otak sebagai dasar bagi bayi untuk belajar, berfikir, merasakan sertang mengetahui.

Terdapat banyak koneksi dalam Otak Bayi Anda. Ibaratnya seorang tehnisi butuh waktu berjuta tahun jika hendak menyambung koneksi dalam otak bayi Anda.

Bagaimana Saya membantu Otak Bayi saya berkembang?

Untuk berkembang secara benar, jalur jalur kecil dalam otak bayi Anda harus dilindungi, dengan jalan memberikan nutrisi yang tepat. Bisa dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) atau menggunakan susu formula yang baik. Kedua nutrisi bayi ini mengandung lemak esensial yang berguna untuk melindungi neuron – myelin. Jalur jalur kecil ini atau neuron harus dibentuk secara benar dan dan dilindungi sehingga pesan-pesan yang ada dalam Otak bayi bisa sampai ke tempat yang benar.

Anda bisa membantu menguatkan koneksi dalam otak bayi anda dengan banyak cara, seperti menyusui, memeluk, menyentuh serta berbicara dengan bayi Anda. Semua yang anda lakukan ini akan mengirimkan pesan kepada otak bayi Anda melalui indra meraka. Anda bisa membantu membangun jalur-jalur koneksi dalam otak bayi Anda
dengan jalan:

  • Berbicara dan bernyanyi pada bayi anda
  • Menunjukkan kepada mereka apa yang ada disekitar mereka
  • Membantu mereka untuk mengembangan hubungan dengan orang lain dilingkungan mereka
  • Mengulang-ulang pembelajaran yang telah dilakukan terus menerus.

Kunci utama mengembang dan menguatkan koneksi dalam otak bayi Anda adalah dengan selalu mengulang-ulang. Ciptakan pengalam positif bersama bayi Anda dan lakukan secara berulang-ulang dan terus menerus


Bagaimana hubungan dengan pengalaman membantu otak bayi saya berkembang?

Membangun hubungan dengan bayi Anda merupakan dasar bagi mereka untuk belajar serta sebagai rangsangan otak mereka yang akan membantu mereka untuk belajar berjalan dan berbicara. Namun bukan berarti setiap menit setiap harinya anda merangsanng bayi Anda hanya untuk memastikan mereka bisa melakukannya dengan benar.

  • Bayi bisa dirangsang melalui pengalaman kecil bersama dengan keluarga.
  • Bayi belajar dengan jalan mempelajari tentang bagian tubuh mereka, meregangkan tubuh mereka serta berguling. Ini merupakan tahapan untuk mengontrol otot mereka yang pada akhirnya mereka akan mencoba untuk merangkak.
  • Sangat penting mengulang-ulang pengalam yang sama. Pengalaman-pengalaman ini akan membantu menyiapkan bayi Anda dalam pembelajaran seumur hidupnya.

Sejak dini barbicaralah dengan bayi Anda menggunakan bahasa sehari-hari dilingkungan keluarga Anda. Hal ini akan membantu mereka berbicara. Gunakan bahasa sehari-hari Anda dengan bayi Anda yang akan membantu mengembang bagian otak bayi Anda.

Bagaimana melakukan permainan sederhana dengan Bayi Anda? Lihat di parisya.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: