Omega 3 dari babi ?


Para ilmuwan telah ’menciptakan’ ternak babi yang bisa menghasilkan senyawa omega-3, suatu lemak yang dipercaya luas berguna bagi kesehatan jantung, alias diyakini mampu mengurangi resiko terkena serangan jantung.

Tim peneliti dari Universitas Pittsburgh memanfaatkan teknologi genetika untuk mengembangbiakkan babi-babi – yang tidak seperti babi pada umumnya – bisa menghasilkan lemak omega-3. Penelitian ini memunculkan harapan akan sumber omega-3 baru selain ikan.Saat ini, satu-satunya cara untuk mendapatkan asam lemak omega-3 (yang tidak bisa dihasilkan oleh manusia) adalah dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu, seperti beberapa jenis tanaman dan beberapa jenis ikan, seperti salmon dan tuna. Tapi kedua jenis ikan ini mungkin juga mengandung merkuri dalam tingkat tinggi.

Untuk merangsang produksi asam lemak omega-3 dalam tubuh babi, para peneliti memasukkan gen kunci ke sel-sel janin yang belum matang. Ini akan memunculkan sel-sel tertentu yang menghasilkan omega-3 pada babi setelah tumbuh besar kelak.Gen yang disebut fat-1 ini mengendalikan pengubahan lemak omega-6 yang jumlahnya banyak menjadi bentuk omega-3.Para peneliti kemudian menggunakan sel-sel yang telah direkayasa secara genetis untuk menciptakan babi omega-3 menggunakan metode yang dikenal sebagai nuclear transfer cloning.“Dengan begitu kami akan menghasilkan babi yang bisa menghasilkan asam lemak omega-3,” kata peneliti Dr Randy Prather. “Kami juga bisa memanfaatkan hewan-hewan ini sebagai model untuk mencari tahu manfaat bagi jantung bila kita meningkatkan kandungan omega-3 dalam tubuh.”“Bila manfatnya memang ada, maka kita bisa mendapatkan babi dengan fungsi kardiovascular lebih baik, sehingga bisa hidup lebih lama,” lanjutnya. “Ini akan mengurangi angka kematian ternak babi, sekaligus menjadikan babi sebagai sumber makanan yang lebih sehat.”Anda tertarik? atau anda sekarang harus berhati-hati mencari sumber makanan yang mengandung omega-3 ?
Sumber: bbc.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: