Hamil? Omega-3 Penting Bagi Otak Bayi


Penelitian membuktikan peningkatan konsumsi zat asam kaya akan omega-3 memiliki banyak manfaat kesehatan.Para bayi yang mendapat asupan makanan yang mengandung esensi zat penting ini menunjukkan peningkatan pada fase awal perkembangannya.Dan riset baru sekarang menunjukkan hal yang sama terhadap para ibu yang selama kehamilannya banyak mengkonsumsi makanan kaya akan zat asam lemak esensial ini.

Para peneliti menemukan bayi-bayi dalam kandungan ibu yang dengan tingkat konsumsi makananan mengandung asam omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) tinggi memiliki tingkat perkembangan lebih baik pada tahun kedua kehidupannya. Pada 6 bulan awal kehidupannya, bayi-bayi ini berkembang 2 bulan lebih cepat daripada bayi-bayi dalam kandungan ibu dengan tingkat DHA lebih rendah.

Ini membuktikan bahwa DHA berperan penting di dalam pengembangan otak.

DHA penting bagi perkembangan otak selama dua tahun pertama kehidupan bayi. Dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain, otak dan system saraf mengandung tingkat DHA yang sangat tinggi meski peran sebenarnya dalam otak belum sepenuhnya diketahui.

DHA ditemukan secara alami di dalam ASI dan kini tersedia di dalam susu formula dan makanan-makan pendamping ASI. ikan salem(salmon), ikan cod, dan ikan tuna adalah sebagian dari sumber makanan terbaik yang kaya akan zat asam omega3, meski sekarang juga tersedia ganggang yang mengandung suplemen DHA.

Sebuah studi melibatkan 70 orang ibu-ibu menyusui dan ibu hamil. Pada usia 4-, 6-, dan 8- bulan, bayi-bayi diuji untuk kemampuan pembelajaran visual. Pengujian meliputi mempertunjukkan gambar-gambar pada mereka dan merekam reaksi-reaksi mereka. Ketika ditunjukkan gambar-gambar, bayi-bayi ini menyerap informasi lebih cepat dalam perkembangannya.

Bayi-bayi yang ibunya memiliki tingkat konsumsi DHA lebih tinggi memiliki nilai pengujian lebih tinggi hingga usia 6 bulan. Dan bayi-bayi ini juga memiliki nilai yang lebih baik pada pengujian berbeda untuk mengukur pembelajaran visual pada bayi usia 1 tahun dan 18 bulan.

Mendapatkan makanan-makanan yang mengandung DHA bisa menjadi problema tersendiri bagi wanita hamil. Sebuah lembaga kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi kurang lebih 12 onsrata-rata per minggu ikan yang tingkat merkurinya rendah, seperti udang, tuna kalengan, salmon, pollock dan catfish.

Ahli nutrisi Barbara Levine PhD menganjurkan wanita hamil juga mengkonsumsi ganggang yang mengandung suplemen DHA yang tersedia ditoko-toko kesehatan. Telur yang mengandung omega-3 juga merupakan sumber DHA yang bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: