Rangkaian Nama Bayi Sansekerta, Kawi, Jawa, Inggris dll


Posting ini sebagai jawaban atas banyaknya comment yang masuk, yang tidak sempat saya approve maupun dibalas. Mungkin tidak lengkap keseluruhan dan perlahan-lahan akan saya perbarui (mudah-mudahan ada waktu :) )

Memberi masukan nama untuk Anak Orang Lain sebetulnya bukan perkara mudah. Karena disetiap nama bayi, disitu ada harapan orang tua kepada putra putri mereka, jelas ini bukan pekerjaan mudah. Dan kami disini hanya berusaha memberikan alternatif, selebihnya adalah tanggung jawab dari orang tua untuk memberi nama, memberikan penghidupan yang layak, pendidikan, agar kelak bisa sesuai dengan harapan atas nama yang telah disematkan kepada buah hati mereka.

#1 Nama Putra pertama saya :

Parisya Fatah Rizqy

  • Parisya[Sansekerta] berarti Perisai, Pelindung
  • Fatah[Arab] bermakna Pembuka, karena Pembuka, saya juga mengangga sebagai yang pertama
  • Rizqy[Arab] bermakna rejeki

Dia adalah Putra pertama kami yang akan melindungi dan pembuka pintu rizqy (Rejeki semua dari Alloh, namun semua melalui perantara)

Beberapa orang memberi nama untuk putra pertama mereka dengan nama Eko, tapi saya lebih suka Fatah :)

#2 Menjawab permintaan bapak Wawan :

anak kedua saya kmunkinan lahir pertengahan agustus, pas bulan romadhon. kata dokter sih         laki laki. tolong dong kasih alternatif nama pewayangan+islami

berikut nama yang bisa dijadikan alternatif :

Yudistira Athaya Ramadhan

  • Yudistira[Jawa] dalam tokoh pewayangan merupakan tokoh penyabar dan adil
  • Athaya[Arab] berasal dari bahasa Arab yang artinya Karunia
  • Ramadhan[Arab] karena putra anda akan lahir di bulan tersebut

Kurang lebih arti nama tersebut : Manusia penyabar sebagai karunia dibulan Suci Ramadhan

Semoga berkenan :)

#3 Ini adalah rangkaian Nama Bayi yang pernah saya tuliskan dalam posting sebelumnya :

Radithya Javas Nararya

  • Radithya[Sansekerta] :  Matahari
  • Javas[Sansekerta]: Cekatan, trengginas, Agile(bhs Inggris)
  • Nararya[Sansekerta]: Yang dimulyakan

Matahari, seorang yang cekatan tapi juga mulya. Harapannya si Anak akan menjadi seseorang yg selalu menghangatkan suasana, seperti matahari, selalu menerangi, Cekatan dan berjiwa mulya

Anda suka ? terinspirasi? punya ide lebih baik ?

#4 cie:

asslm, insya Allah anak pertama kami diperkirakan lahir bulan september,aq mau beri nama fadlan atau radhytia, tlng beri perpaduanya dong,ayahnyanya namanya : aldila sagara yudha,……….thx

Radithya Caraka Fadlan

  • Radithya[Sansekerta] :  Matahari
  • Caraka[Jawa]: Duta, Utusan
  • Fadlan[Arab]: Utama

Matahari, seorang utusan Utama. Harapannya si Anak akan menjadi seseorang seperti matahari,mampu  menerangi, memiliki dedikasi menjadi seorang utusan/diberi mandat, yang utama.

Maaf  karena saya kesulitan memberikan nama ayahnya dalam rangkaian tersebut karena tidak menemukan sususan yang pas. Mungkin sebaiknya Anda juga menetukan bagian nama Ayahnya yang mana yang akan dijadikan nama keluarga :)

Anda punya interpretasi yang lain?

#5 mona:

mohon bantuannya kl tdk keberatan,anak saya akan lahir bln depan tp blm dpt nama yg cocok.ini anak ke 3 saya laki2..menurut saya sulit sekali mencari nama laki2 dr perempuan.terima kasih bantuannya. nama blakang keluarga sumadibrata.

Leonard Agustinus Sumadibrata

  • Leonard[Jerman]: Singa pemberani
  • Agustinus: Tokoh Nasrani
  • Sumadibrata:  Nama Keluarga

Mhn maaf sebelumnya, jika Anda Nasrani, saya pikir ini nama yang bagus.  Agustinus Sang Pemberani, keluarga Sumadibrata

Bersambung…

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: